Ziarah Baba Daud dan Peringatan 480 Hubungan Aceh – Turki Berlangsung Khidmat

Acara ziarah dan peringatan 480 Tahun Hubungan Aceh Turki berlangsung khidmat pada selasa (20/8) di komplek Makam Baba Daud Rumi, Gp. Mulia Kecamatan Kuta Alam, Banda Aceh.

Acara dimulai pukul 08.00 wib dengan zikir dan doa untuk para syuhada yang dipimpin oleh Ust. Zularafah. Pukul 09.30 rombongan Walikota Banda Aceh ikut serta hadir pada kegiatan ini.

Dilanjutkan dengan laporan koordinator Panitia, Teuku Farhan, sambutan Keuchik Gp. Mulia, dan Sambutan Walikota Banda Aceh Bapak Aminullah Usman.

Tausyiah dan ceramah sejarah disampaikan oleh Prof. Farid Wajdi tentang hubungan Aceh dan Turki di masa silam, baik di bidang militer, pemerintahan, budaya dan pendidikan.

Kegiatan ini digagas oleh sejumlah komunitas Aceh Turki, dan mendapat dukungan dari masyarakat Gp. Mulia, khususnya di Dusun Tgk. Dileupu di mana komplek makam berada.

Acara diakhiri dengan penyerahan bingkisan kepada anak yatim dan makan bersama.

Kedepannya, kegiatan ziarah Makam Baba Daud Rumi dapat terus dipertahankan oleh masyarakat sekitar, baik berbarengan dengan kegiatan seperti di atas, maupun dilakukan secara mandiri.

Ziarah makam ulama bukan sekedar seremoni atau makan-makan bersama, tapi bagaimana membangun hubungan batin dengan para ulama, syuhada dan aulia, sehingga berkah dan ilmu mereka bisa mengalir kepada para peziarah dan bermanfaat bagi kehidupan di dunia dan akhirat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.