Peringati 480 Tahun Hubungan Diplomatik, Komunitas Aceh-Turki akan Ziarahi Makam Baba Daud Rumi

Sejumlah Lembaga dan Ormas yang tergabung dalam Komunitas Aceh-Turki akan melakukan ziarah ke Makam Baba Daud Rumi, di Gampong Mulia Kecamatan Kuta Alam Kota Banda Aceh.

Berdasarkan siaran pers yang diterima Redaksi Ziarah Kubra Aceh dari panitia penyelenggara, ziarah ini akan dilaksanakan pada hari selasa, 20 Agustus 2019.

“Kegiatan ini dalam rangka memperingati 480 Tahun hubungan diplomatik antara Aceh dan Turki, dan mengambil tempat di area pemakaman Syekh Daud Rumi, salah seorang ulama Aceh keturunan Turki” jelas Teuku Farhan, Koordinator Kegiatan, dalam siaran persnya.

Baba Daud Rumi, dikenal juga sebagai Tgk. Chik Di Leupu, merupakan murid dari Syekh Abdurrauf As-Singkili atau lebih dikenal dengan Syiah Kuala, yang haulnya telah diperingati beberapa waktu yang lalu.

Farhan menambahkan bahwa kegiatan ini akan dimulai sekira pukul 08.00 WIB sd. 12.00 WIB, diisi dengan pembacaan Al-Quran, Selawat, dan Tausyiah terkait Sejarah Hubungan Aceh Turki yang akan disampaikan oleh Prof. Farid Wajdi.

Direncanakan Bapak Walikota Banda Aceh, Aminullah Usman, akan memberikan sambutan pada kegiatan ini. Selain itu, turut hadir dua orang blogger asal Turki, Edanur Yildiz dan Elif Kübra genç, yang akan memberikan testimoni dalam kegiatan ini.

“Kami juga berharap acara ini dapat menjadi agenda tahunan di Gampong Mulia yang langsung di kelola oleh Gampong sehingga dapat menjadi salah satu daya tarik situs wisata sejarah peradaban Islam di Aceh,” lanjut Teuku Farhan yang juga pemimpin redaksi majalah Sicupak, majalah yang mengulas sejarah, budaya Aceh dan Turki.

Komunitas Persaudaraan Aceh & Turki terdiri dari beberapa gabungan komunitas seperti Majalah Sicupak, IKAMAT (Ikatan Masyarakat Aceh Turki), PPI Turki (Perhimpunan Pelajar Indonesia Turki), dan lainnya.

Bagi yang ingin hadir dan berpartisipasi dalam kegiatan ini, dapat menghubungi koordinor kegiatan Teuku Farhan di nomor : 0822-7742-1453

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.