Sejumlah Pimpinan Majelis dan Pondok Pesantren Hadiri Haul Syiah Kuala

Sejumlah pimpinan pondok pesantren dan majelis taklim turut menghadiri acara Ziarah Kubra Haul Syiah Kuala yang diselenggarakan ahad malam (28/7). Antara lain, Waled Ibrahim Ulee Titi, Habib Muchsin Alhabsyi Sigli, Tgk. Rafsanjani, Tgk. Abdurrahim, Tgk. Muhammad Umar Liqaurrahmah, Tgk. Mukhtaruddin, Waled Rusli dan lainnya.

Sebagian besar tengku-tengku ini hadir menjelang Puncak Acara, sehingga harus ikut berdesakan dengan para peziarah yang sudah lebih dahulu memadati area makam dan sekitarnya. Namun dengan penuh kerendahan hati, para tengku tetap mengikuti kegiatan dengan khitmat dan tertib sebagaimana jamaah lainnya.

Pantia telah menyebar undangan kepada sekitar 300 pimpinan pondok pesantren dan majelis taklim di Kota Banda Aceh, Kab Aceh Besar dan sekitarnya. Alhamdulillah, meskipun tidak semua tengku dapat menghadiri kegiatan ini, namun perwakilan dari santri dan jamaahnya ikut serta hadir.

Menurut pantauan kami, hampir 50 persen peziarah yang hadir pada ahad malam disominasi oleh para santri, baru kemudian disusul oleh jamaah taklim dan masyarakat sekitar.

Menurut peziarah Ibu-ibu, banyak dari jamaah taklim ibu-ibu yang berniat menghadiri kegiatan ini, namun karena kegiatan malam, hanya sebagian kecil ibu-ibu yang hadir, khususnya karena ikut suami, anak atau menantunya pada kegiatan ini.

Memang sedari awal, panitia tidak mempersiapkan kegiatan ini bagi kaum hawa, karena berlangsung malam hari dan kompleks Syiah Kuala berada jauh di luar Kota Banda Aceh, di pinggir muara sungai aceh yang langsung bertemu laut selat malaka. Kedepannya, panitia akan lebih memperhatikan aspirasi jamaah ibu-ibu ini, insya Allah.

Selain itu, peziarah dari luar kota juga menyatakan banyak teman-temannya yang antusias hendak menghadiri kegiatan ini, akan tetapi karena kegiatan berlangsung malam senin, sebagiab besar tidak bisa ikut hadir karena jarak yang jauh untuk ditempuh perjalanan pergi-pulang, ditambah pada hari senin mereka harus masuk kerja atau sekolah kembali. Untuk itu mereka berharap, kedepannya kegiatan ini bisa diselenggarakan pada hari libur, sehingga mereka bisa ikut serta menghadiri, bahkan membawa anggota keluarganya.

Terimakasih atas pasrtisipasi, kehadiran dan saran dari para peziarah semuanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.