Tentang Ziarah Kubra

Masjid Tgk. Dianjong Banda Aceh

Ziarah kubur merupakan kegiatan sosial keagamaan yang lazim kita temukan di berbagai wilayah Indonesia, khususnya menjelang bulan Ramadan dan setelah Hari Raya Haji. Bahkan di Madinah, penziarah terbanyak ke makam Rasulullah adalah jamaah Haji asal Indonesia.

Bagi masyarakat Indonesia dan Asia Tenggara yang bermazhab Syafi’i, beritikad Ahlussunnah wal jamaah (Asyairah dan Maturidiah) dan identik dengan tasawuf Imam Ghazali, ziarah kubur bukan sesuatu yang asing dan kering. Di samping ziarah ke makam orang tua dan keluarga, ziarah juga dilakukan kepada makam para ulama, khusunya para wali yang mendapat tempat dan penghormatan khusus di tengah masyarakat.

Istilah ziarah kubra merujuk kepada tradisi para Ulama dan Habaib di Hadramaut yang melaksanakan ziarah secara teratur, berjamaah dan diisi dengan berbagai kegiatan keagamaan pada Bulan Rajab setiap tahunnya, yang berpusat di Makam Nabi Hud Alaihissalam.

Selain ziarah ke makam Nabi Hud AS, kegiatan ziarah secara teratur juga dilakukan ke makam para wali dan ulama di Hadramaut, khususnya di Kota Tarim.

Ziarah Kubra Aceh.com merupakan tindaklanjut dari beberapakali ziarah kubra yang dipusatkan di Makam Tgk Dianjong, Peulanggahan, Kota Banda Aceh, sebagai media dakwah dan informasi, yang diharapkan memberi manfaat dan dampak yang signifikan dalam meningkatkan jumlah partisipasi peserta ziarah, dan juga menambah pengetahuan dan kecintaan kepada para ulama dan aulia.

Sebagai tahap awal, website ini akan memberikan informasi seputar kegiatan dan jadwal ziarah, yang dimulai dari makam Tgk Syiah Kuala, Tgk Dianjong, dan makam-makam aulia di sekitar Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar.

Dalam perkembangannya kedepan, website ini akan menambahkan informasi yang lebih luas terkait komunitas ziarah, lokasi makam wali beserta manaqibnya di wilayah Provinsi Aceh, dalil-dalil amaliah ahlussunnah wal jamaah terhadap ziarah dan informasi-informasi lainnya yang sesuai. Untuk itu, partisipasi dan dukungan semua pihak sangat kami harapkan.

Tidak dipungkiri bahwa Ziarah Kubra Aceh juga terinspirasi dari Kegiatan Ziarah Kubra di Kota Palembang Darussalam, juga pelaksanaan Haul para wali dan ulama di berbagai wilayah di Indonesia, khususnya di Jawa dan di Aceh.

Sebagai bagian dari ahlussunnah wal jamaah, pemelihara tradisi para awliya dan shalihin, dan pengikut tarekat Ba-Alawy, kami mengajak semua pihak untuk bahu-membahu menyampaikan ilmu dan menambahkan kualitas cinta kita kepada Rasulullah SAW dan para ulama sebagai ahliwarisnya, lahir dan batin.

Ziarahkubraaceh.com merupakan bagian dakwah Majlis An-Nur Banda Aceh, dibawah asuhan para guru dan Habaib yang berafiliasi kepada Habib Umar bin Hafidz, Darul Mustafa, Tarim, Hadramaut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.