Menteri Agama Himbau Shalat Gerhana

Surat kemenag tentang gerhana bulan 2019

Menteri Agama Republik Indonesia, melalui press release yang ditandatangani oleh Direktur Jenderal Bimas Islam, tanggal 12 Juli 2019 / 9 Zulka’dah 1440 Hijriah, menginformasikan bahwa berdasarkan data dan perhitungan astronomis, pada hari rabu tanggal 17 Juli 2019 / 14 Zulka’dah 1440 H mulai pukul 03.01 WIB di Indonesia akan terjadi gerhan bulan parsial. Gerhana ini bisa di amati di hampir seluruh wilayah Indonesia sampai pukul 05.59 WIB. Puncak gerhana diperkirakan pada pukul 04.30 WIB.

Menteri Agama menghimbau masyarakat, khususnya yang beragama Islam untuk dapat melaksanakan shalat sunnah gerhana berjamaah dan melakukan khutbah, sesuai dengan tuntunan Nabi Muahammad SAW, serta memperbanyak zikir, istigfar, sedekah dan amalan kebajikan lainnya.

Di samping itu, menteri juga meminta supaya masyarakat mendoakan keselamatan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Menurut amatan kami, peristiwa gerhana ini akan terjadi nanti malam, yaitu malam rabu, bukan malam kamis. Jadi bagi kawan-kawan yang ingin melaksanakan shalat gerhana atau mengamati gerhana, sudah bisa mempersiapkan diri sejak sore hari ini.

Selain release gerhanan, Direktorat Jenderal Bimas Islam juga memberi informasi tentang Rasdul Kiblat, yaitu mengoreksi arah kiblat berdasarkan posisi bayangan benda tegak lurus terhadap matahari yang tepat berada di atas ka’bah. untuk wilayah Indonesia, rasdul kiblat bisa dilakukan pada hari ini, selasa, 16 Juli 2019 pukul 16.27 WIB.

Beberapa hal tang perlu diperhatikan bagi kaum muslimin yang hendak melakukan rasdul kiblat adalah sebagai berikut : (1) pastikan benda atau tiang yang akan dijadikan patokan bayangan benar-benar lurus, tidak bengkok. (2) Permukaan lantai atau tanah tempat jatuhnya bayangan harus benar-benar datar dan rata, tidak miring atau bergelombang. (3) jam pengukuran disesuaikan dengan data BMKG, RRI atau Telkom.

Bagi yang masih meragukan posisi arah kiblat, pemerintah melalui Kementerian Agama menyediakan layanan pengukuran arah kiblat menggunakan metode yang paling mutakhir, dan yang terpenting semua layanan tersebut gratis.

Semoga bermanfaat di dunia dan akhirat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.